Pembagian Waktu di Indonesia

Indonesia adalah negara yang tidak bisa dideskripsikan dengan satu satu kata, dengan segala keindahan, kemegahan dan keberagaman tak salah bila disematkan sebagai Zamrud Khatulistiwa. Indonesia terletak di Khatulistiwa, ssebagai negara tropis, dengan bentangan wilayah antara: 95' BT - 141' BT, dan 6' LU - 11' LS. dan terdiri dari 17.508 pulau-pulau besar dan kecil. Indonesia juga terkenal sebagai negara yang bentangan garis pantainya terpanjang. Luas Indonesia seluruhnya mencapai 5.193.252 Km2.
karena begitu luasnya lingkup dari Bumi Nusantara, maka Indonesia dibagi dalam 3 bagian waktu, berikut adalah pembagiannya:
  • Waktu Indonesia bagian Barat (WIB), meliputi Pulau Jawa, Pulau Sumatera, Pulau Madura, dan Wilayah Kalimantan Barat.
  • Waktu Indonesia bagian Tengah (WITA), meliputi Pulau Bali, Wilayah Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Pulau Sulawesi, Wilayah Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.
  • Waktu Indonesia bagian Timur (WIT), meliputi wilayah Maluku dan Papua.

Tiap daerah waktu yang satu dengan daerah waktu yang lain, selisih satu jam. misalnya di Jakarta (WIB) pukul 07.00 WIB maka di Makassar (WITA) pukul 08.00 (WITA), dan di Papua (WIT) pukul 09.00 WIT


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pembagian Waktu di Indonesia"

Post a Comment